Panduan Diet Untuk Hidup Sehat

Panduan Diet Untuk Hidup Sehat

Panduan Diet Untuk Hidup Sehat

Cupcakes, Pencuci Mulut, Hiasan, Makanan

Makanan, seperti yang terjadi secara alami dan seperti yang kita makan, bukanlah zat tunggal tetapi campuran zat kimia atau nutrisi. Jika zat-zat ini melepaskan energi yang tersimpan dan bahan-bahan bangunan untuk kita gunakan, mereka harus dipisahkan menjadi komponen masing-masing sehingga tubuh dapat menangani masing-masing sebagai unit yang terpisah.

Nutrisi yang dilepaskan dari makanan mungkin tetap tidak tersedia bagi tubuh. Beberapa cara tambahan untuk mengubah formulir mereka mungkin perlu diikuti. Unit perantara harus dipecah, disederhanakan, dikelompokkan kembali dan diarahkan kembali. Pekerjaan kimia yang rumit ini harus terjadi di setiap manusia. Ini karena manusia yang kehidupannya dikembangkan dan dipertahankan dalam lingkungan kimia internal yang dinamis, adalah yang paling terorganisir dan keseimbangan rumit dari semua organisme. Ini dicapai melalui efektivitas mekanisme kontrol tubuh yang membuat berbagai sistem fungsional beroperasi selaras satu sama lain.

Makan adalah salah satu kesenangan terbesar dalam hidup. Jenis makanan yang kita makan adalah faktor universal utama yang mempengaruhi, sebanyak yang didefinisikan, kesehatan semua orang. Oleh karena itu pepatah "kamu adalah apa yang kamu makan". Ini menunjukkan bahwa kesehatan kita, sebagian besar, berada di bawah kendali kita. Ada banyak makanan dan banyak cara untuk membangun pola makan dan gaya hidup sehat, serta banyak kesempatan untuk memilih. Pedoman diet dapat membantu Anda menemukan cara untuk menikmati makanan dan aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Panduan diet memiliki tiga pesan dasar untuk kesehatan yang baik.

TUJUAN KEBUGARAN

• Bertujuan untuk berat badan yang sehat
• Aktif secara fisik setiap hari

Aktif secara fisik dan menjaga berat badan yang sehat diperlukan untuk kesehatan yang baik. Pilih gaya hidup yang memadukan pola makan bergizi dan aktivitas fisik. Dengan kombinasi ini Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit terkait diet, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

MEMBANGUN DASAR SEHAT

• Biarkan piramida pemandu makanan (kelompok makanan) memandu pilihan makanan Anda.
• Pilih berbagai biji-bijian setiap hari, terutama biji-bijian.
• Pilih beragam buah dan sayuran setiap hari.
• Jaga agar makanan aman dikonsumsi.

Makanan yang berbeda mengandung nutrisi yang berbeda dan zat bermanfaat lainnya. Tidak ada satu makanan pun yang dapat memasok semua nutrisi dalam jumlah yang Anda butuhkan. Misalnya, jeruk menyediakan vitamin C dan asam folat tetapi tidak mengandung vitamin B12. Tomat menyediakan likopen (antioksidan yang membantu mencegah arteriosclerous). Untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi dan zat lain yang Anda butuhkan untuk kesehatan, bangun basis sehat dengan menggunakan piramida pemandu makanan (kelompok makanan) sebagai titik awal.

Sebisa mungkin, diet yang memadai harus mencakup anggota dari masing-masing kelompok.

Kelompok I: kelompok akar / umbi / roti / sereal:
Fungsi utamanya adalah menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan dalam kelompok ini termasuk ubi, singkong, kentang, roti, cocoyam, pisang raja, sereal (beras, gandum, jagung, millet, sorgum. Makanan kelompok ini akan membantu melindungi tubuh terhadap banyak penyakit kronis.

Kelompok II: kelompok buah-buahan dan sayur-sayuran:
Buah-buahan dan sayuran menyediakan vitamin, mineral, serat makanan dan zat lain (phytochemical) yang bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran berdaun gelap adalah sumber zat besi yang baik dan contoh vitamin termasuk labu, tanaman telur, daun air, bayam dll. Beberapa sayuran memiliki fungsi antioksidan yaitu mereka melindungi tubuh terhadap beberapa kanker dan penyakit jantung. Mereka termasuk kubis, kembang kol, bawang, tanaman telur, wortel, tomat, bawang putih dll dan beberapa buah-buahan seperti anggur, apel, stroberi dll. Buah-buahan lain yang menyediakan vitamin termasuk jeruk, melon air, jambu biji, sop asam, pir alpukat, mangga, jeruk keprok .

Kelompok III: daging, produk daging, kacang-kacangan (kelompok kacang-kacangan) dan kelompok kacang-kacangan:
Fungsi utama kelompok ini adalah untuk menyediakan protein. Semua alternatif daging dan daging yang dapat dimakan (semua jenis ikan, unggas, siput, serangga, susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian) termasuk dalam kelompok ini. Daging, ikan, susu, dan sumber hewani lainnya menyediakan protein dengan nilai biologis tinggi. Nutrisi lain yang mereka berikan termasuk vitamin B1, A, Zat Besi, Fosfor dll.

Kelompok IV: lemak dan minyak:
Grup ini memasok energi dan asam lemak esensial. Contohnya termasuk minyak kelapa sawit, minyak sayur (minyak zaitun, minyak kacang kedelai, minyak kanola dll). Mereka harus digunakan hemat. Namun, makanan yang aman dari bakteri berbahaya, virus, parasit dan kontaminan kimia sangat penting untuk makan sehat.

PILIH DENGAN WAJAR

• Pilih diet yang rendah lemak jenuh dan kolesterol dan kurangi asupan lemak Anda.
• Pilih minuman dan makanan untuk mengurangi asupan gula.
• Pilih dan siapkan makanan dengan sedikit garam.
• Jika Anda minum alkohol atau minuman, lakukan dalam jumlah sedang.

Lemak memasok energi dan asam lemak esensial dan mereka membantu menyerap vitamin A, D, E, dan K serta karotenoid yang larut dalam lemak. Anda membutuhkan lemak dalam makanan yang Anda makan tetapi pilihlah dengan bijaksana. Makanan tinggi lemak jenuh meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dengan meningkatkan kolesterol darah. Makanan termasuk produk susu tinggi lemak seperti es krim, susu murni, krim dll, daging segar dan olahan berlemak, kulit dan lemak unggas, minyak kelapa sawit, minyak kelapa dll. Makanan kolesterol tinggi termasuk kuning telur, hati dan daging organ, lemak makanan, dll. jaga agar asupan makanan Anda tetap rendah. Lemak tak jenuh (minyak) tidak meningkatkan kolesterol darah. Ini terjadi pada minyak nabati (minyak zaitun, minyak kacang kedelai, minyak jagung dll), sebagian besar kacang-kacangan, alpukat dan ikan berlemak.


Load comments